Acara Kenduri Pohon Tahun Ini Akan Ditanam 15 Ribu Bibit

Acara Kenduri Pohon Tahun Ini  Akan Ditanam 15 Ribu Bibit

Wartalumajang.com –  Acara Kenduri Pohon yang akan dilaksanakan pada selama dua hari pada tanggal 19 dan 20 November mendatang akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya.

Rencananya Menteri Arief Yahya akan hadir pada pembukaan acara dihari pertama, sekaligus hadir dalam diskusi yang juga akan dihadiri oleh sejumlah aktivis lingkungan dari berbagai kota ditanah air.

“Kalau acara kenduri pohonnya sudah merupakan acara tahunan bagi para aktivis lingkungan. Yang membedakan untuk tahun ini akan ada Launching Gunung Lemongan sebagai Geo Park oleh Menteri Pariwisata,” kata Aak Abdullah Al Kudus, Koordinator Laskar Hijau yang menjadi inisiator acara Kenduri Pohon ini.

Menurut rencana pada kenduri pohon tahun ini akan ditanam 15 ribu bibit dilereng Gunung Lemongan Desa Papringan Kecamatan Klakah.

Bibit yang akan ditanam diantaranya, Bambu Petung, Jambu, Klengkeng, Durian,  Alpukat, Sirsak, Manicu, Trembesi dan Suren.  Bibit-bibit tersebut selain berasal dari Laskar Hijau sendiri,  juga berasal dari bantuan Pemkab Lumajang,  Perhutani Divre Jawa Timur, dan dari Mapala STIE Mahardhika (Palasdhika) Surabaya.

Pembukaan acara akan dilakukan pada Camping Ground Gunung Lemongan. Kepada aktivis lingkungan yang akan ikut dalam acara ini, diharapkan membawa alat tanam sendiri, termasuk membawa bibit sendiri, jika memiliki bibit untuk dibawa.

“Kita sedang mempersiapkan acara ini, karena yang akan hadir pasti lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu,” kata Gus Aak, panggilan akrabnya.