Halaman Facebook Twitter Warta Lumajang Langganan Berita

Sarjana Pengangguran di Lumajang Capai 5 Ribu Orang

Birokrasi

Foto IlustrasiFoto IlustrasiWartalumajang.com - Sekitar 30 persen atau lima ribu dari jumlah total pengangguran yang ada di Kabupaten Lumajang ternyata memiliki kualifikasi pendidikan setingkat Sarjana. Data itu terungkap dari Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lumajang.

Hal ini disampaikan Ismail, SH, Kepala Kantor Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lumajang ketika ditemui wartawan dikantornya.

Jumlah pengangguran dari data terhitung mencapai 18 ribu orang di seluruh wilayah Kabupaten Lumajang. Ismail mengatakan, jumlah lima ribu pengangguran dengan kualifikasi pendidikan setingkat sarjana ini, diantaranya terdata berdasarkan jumlah permintaan kartu kuning di Kantor Disnakertrans Kabupaten Lumajang.

”Permintan kartu kuning mendominasi dari angka pengangguran dari kualifikasi sarjana ini. Selain itu, masih ada pendataan lain yang kami lakukan melalui berbagai kegiatan, seperti Job Market Fair dan lainnya,” kata Ismail.

Jumlah tersebut, lanjut Ismail, adalah jumlah komulatif yang didata sejak tahun lalu. Meski, dari fakta sebenarnya dari lima ribu pengangguran dengan kualifikasi strata pendidikan setingkat sarjana itu, bukanlah penganguran murni.

”Melainkan, mereka juga ada yang telah bekerja di bidang tertentu. Sedangkan, angka 18 ribu orang pengangguran di Kabupaten Lumajang, berasal dari latar belakang pendidikan yang beragam. Mulai dari SMA yang mendominasi dengan angka mencapai 10 ribu orang dan SMP serta SD yang jumlahnya sekitar tiga ribu orang” jlentreh Ismail.

Untuk meminimalisir angka pengangguran ini, Disnakertrans Kabupaten Lumajang secara kontinyu, akan terus menyiapkan agenda bursa tenaga kerja atrau Job Market Fair di Kabupaten Lumajang setiap tahunnya.

Untuk itu, masih kata Ismail, pihaknya sudah menghubungi sejumlah perusahaan yang membuka lowongan, sejauh ini pihaknya telah menghubungi puluhan perusahaan baik yang berda di Jawa Timur maupun luar Jawa Timur untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan Job Market Fair rutin tahunan di Kabupaten Lumajang, untuk mengentaskan pengangguran potensial dengan strata pendidikan dan kemampuan yang memadai.

”Untuk yang luar jawa kami telah mengubungi perusahaan di Batam dan Kalimantan, semua bidang akan ditembusi, kemudian akan kami inventarisasi,” ujar Ismail.

Diharapkan dari puluhan perusahaan di bidang industri maupun perkebunan berhasil menyerap tenaga kerja yang ada di Lumajang bisa mengentaskan angka pengangguran sampai lebih dari seribu orang pengangguran yang terserap menjadi tenaga kerja.

”Tidak hanya itu saja, dari sektor industri yang banyak beroperasi di Lumajang, seperti dari sektor industri perkayuan juga rutin merekrut tenaga kerja potensial ini. Kita akan terus mendorong perkembangan sektor industri ini dan seberapa banyak mereka bisa menyerap tenaga kerja,” pungkas Ismail.

Lumajang Terkini

Kelompok Rampok Sadis Ditangkap Polis...
Kamis, 26 Mei 2016 17:22
Kelompok Rampok Sadis Ditangkap Polisi, Satu Orang Terpaksa Ditembak
Wartalumajang.com – 5 anggota kelompok pelaku...
Selamatan Buka Giling, PG Jatiroto Ta...
Kamis, 26 Mei 2016 17:19
Selamatan Buka Giling, PG Jatiroto Targetkan Giling 1 Juta Ton Tebu
Wartalumajang.com - Prosesi kirab manten tebu d...
Diterjang Ombak, Jalur Pasirian-Tempu...
Rabu, 25 Mei 2016 17:37
Diterjang Ombak, Jalur Pasirian-Tempursari Nyaris Terputus
Wartalumajang.com – Jalur Pasirian-Tempursari...
Ketua DPN APTRI : Kebijakan Import Ra...
Senin, 23 Mei 2016 20:30
Ketua DPN APTRI : Kebijakan Import Raw Sugar Harus Didasarkan Kepada Kebutuhan Gula, Bukan Rendemen Tebu
Wartalumajang.com – Ketua Dewan Pimpinan Nasiona...
H. Arum Sabil : Pabrik Gula Harus Ber...
Senin, 23 Mei 2016 19:27
H. Arum Sabil : Pabrik Gula Harus Berbenah, Jika Tidak Akan Ditinggalkan Petani Tebu
Wartalumajang.com – Rendahnya rendemen tebu dise...
Web Designer