Bupati Salurkan Bantuan kepada Korban Longsor di Lereng Semeru

Bupati Salurkan Bantuan kepada Korban Longsor di Lereng Semeru

Wartalumajang- Bupati Lumajang Drs. H. As’at Malik, M.Ag bersama sejumlah SKPD memberi bantuan kepada 3 keluarga terdampak longsor di Lereng Gunung Semeru, Desa Ranu Pane, Kecamatan Senduro, bulan kemarin.

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Bupati Lumajang berupa uang tunai untuk meringankan beban korban terdampak tanah longsor perbukitan wilayah setempat. Dan makanan siap saji, Senin (06/03) pagi.

Tiga korban yakni, Puji rumahnya hancur diterjang longsor, Sedangkan Naman dan Suroto hanya bagian dapur yang rusak. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Kepala Bagian Humas dan Protokol, Drs. Aziz Fahrurrozi mengatakan, bantuan yang diberikan bupati, diharapkan bisa membantu meringankan mereka dalam melakukan rehab rumah.

Namun untuk pembangunan rumah baru, sudah akan dilarang didirikan disitu. Ada batas zona yang ditetapkan. “Jadi bersama BPBD Lumajang, menetapkan zona larangan untuk tidak boleh diririkan bangunan,” terangnya.

Aziz menerangkan, daerah yang tedampak longsoran memang daerah daerah rawan karena merupakan bukit dan menjadi lahan pertanian yang ditanami bawang.

Tidak ada tanaman penyanggah disana. “Jadi ketika terjadi hujan deras, rawan longsor,”tutupnya.

Pewarta : M.Imron