Cuaca Kian Memburuk, Pendakian Ke Gunung Semeru Ditutup Sementara

Cuaca Kian Memburuk, Pendakian Ke Gunung Semeru Ditutup Sementara

Wartalumajang.com – Cuaca Lumajang, khususnya di sekitar Lereng Gunung Semeru yang terus memburuk membuat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutup sementara seluruh pendakian kegunung tertinggi di Pulau Jawa Tersebut.

Kepala Bidang Wilayah II TNBTS Ahmad Sugiyanto, kepada wartawan mengatakan, penutupan ini dilakukan karena hujan deras dengan intensitas yang sangat tinggi kerap terjadi dipuncak Semeru, sehingga sangat berbahaya bagi para pendaki.

Terlebih pekan lalu, tiga pendaki Semeru tersesat akibat cuaca buruk, karena ketiganya kembali menjelang puncak Mahameru, dan tersesat ketika menuruni lereng Semeru. Beruntung ketiganya berhasil ditemukan oleh tim TRC BPBPD Lumajang.

“Karena cuaca buruk bahkan sering terjadi badai yang sangat berbahaya bagi para pendaki, demi keamanan untuk sementara kita tutup dulu seluruh aktivitas pendakian ke Semeru,” kata Ahmad Sugianto.

Sugianto belum bisa memastika sampai kapan penutupan itu akan dilakukan, semuanya sangat bergantung kepada cuaca disekitar Gunung Semeru. Namun diperkirakan penutupan ini akan berlangsung sampai april mendatang.

Disisi lain, kata Ahmad Sugianto, karena selama ini jumlah pendakian cukup padat, maka penutupan ini sekaligus dimanfaatkan untuk mengembalikan ekosistem di lereng Semeru.

Ahmad Sugianto menyebutkan, padatnya pendakian bisa menyebabkan kerusakan sejumlah tanaman-tanaman kecil dijalur pendakian karena aktivitas pendakian.

“Dengan penutupan ini diharapkan tanaman-tanaman bisa tumbuh kembali dan sejumlah satwa liar bisa leluasa melintas dikawasan hutan tersebut,” jelas Ahmad Sugianto.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah