DPRD : Pemkab Harus Tetap Diupayakan Pemulangan Jenazah Umiasa

DPRD : Pemkab Harus Tetap Diupayakan Pemulangan Jenazah Umiasa

Wartalumajang.com – Terkait nasib Umiasa TKW yang meninggal di Malaysia, Ketua Komisi D DPRD Lumajang meminta Pemkab Lumajang, dalam hal ini Disnakertrans Lumajang untuk berusaha keras agar bisa memulangkan jenazah Umisiana.

Ketua Komisi D DPRD Lumajang Suiganti SH, mengatakan, bagaimanapun Umiasa adalah warga Lumajang yang nasibnya harus diperhatikan. Apalagi sampai meninggal dinegeri orang ketika mencari nafkah.

“Dia berangkat secara illegal pasti ada penyebabnya. Bisa jadi karena keterbatasan ekonomi sehingga tidak ada biaya untuk berangkat dengan prosedur yang benar. Karenanya kita harus tetap bisa memperhatikan,” kata Sugianto SH, ketika ditemui media ini.

Menurut Sugianto, kedepan Dinas Tenaga Kerja Lumajang harus bisa memberikan penjelasan yang cukup kepada masyarakat agar mengerti prosedur bekerja keluar negeri.

“Ini tanggungjawab kita semua, masyarakat kita masih ada yang belum mengerti resiko bekerja keluar negeri tanpa menggunakan dokumen yang legal sebagai tenaga kerja. Jika ada kejadian seperti Umiasa ini maka mengurusnya jadi lebih mudah,” kata Sugianto lagi.

Sementara itu, pihak keluarga kendatipun pasrah, namun masih tetap berharap jenazah Umiasa bisa dipulangkan ketanah air untuk dimakamkan dikediamnnya, Dusun Lor Kebon Desa Umbul Kecamatan Kedungjajang Lumajang.