Kadisnaker Lumajang Membenarkan Ada TKW Yang Meninggal di Malaysia

Kadisnaker Lumajang Membenarkan Ada TKW Yang Meninggal di Malaysia

Wartalumajang.com – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lumajang Drs. Suharwoko, membenarkan kabar tentang adanya Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Lumajang yang meninggal di Malaysia.

TKW yang diketahui bernama Umiasa, meninggal karena sakit dan sudah diketahui pihak keluarganya.

Ketika dihubungi media ini Suharwoko mengatakan, TKW tersebut meninggal satu mingguan yang lalu karena sakit dan sampai sekarang memang belum bisa dipulangkan ke Indonesia.

“Kita sudah mendatangi pihak keluarganya, dan pihak keluarga menerima atas musibah meninggalnya Umiasa. Sekarang yang sedang kita upayakan adalah usaha pemulangan jenazah TKW tersebut ke Indonesia,” kata Suharwoko yang menyebut TKW ini berasal dari Kecamatan Randuagung.

Suharwoko juga mengatakan, TKW ini memang berasal dari keluarga kurang mampu sehingga tidak bisa memulangkan jenazah Umi ke Indonesia.

Untuk keperluan ini, Pihak Disnakertrans Lumajang sudah mengirim surat kepada Kedutaan Besar RI, guna bisa membantu proses pemulangan jenazah Umi ke Indonesia.

Sementara dimedia sosial ramai dibicarakan TKW tersebut bernama Umiasa yang berlamat di Lumajang dengan tanggal lahir 11 Feberuari 2016 dan pada pasport tersebut tertulis parposrt tersebut dikeluarkan pada tanggal 29 Januari 2016.

Pemulangan ini sedikit mengalami kendala, karena Umi diketahui berangkat ke Malaysia tidak menggunakan jalur yang legal, sehingga prosesnya lebih sulit dibandingkan dengan TKI atau TKW yang berangkat secara legal.

“Masalahnya yang bersangkutan berangkat secara Illegal, namun tetap kita usahakan pemulangannya melalui KBRI,” jelas Suharwoko.