Payah !! Pariwisata Milik Pemerintah Dinilai Mulai Kalah Dengan Objek Wisata Milik Swasta

Payah !! Pariwisata Milik Pemerintah Dinilai Mulai Kalah Dengan Objek Wisata Milik Swasta

Wartalumajang.com – Perkembangan pengelolaan pariwisata yang dikelola Pemkab Lumajang dinilai stagnan, bahkan kalah jauh dengan pengelolaan wisata didaerah lain. Bahkan belakangan ini, pariwisata di Lumajang mulai kalah populer dengan objek wisata yang dikelola pihak swasta.

Wakil Ketua DPRD Lumajang H. Samsoel Huda M.Si menyayangkan pengelolaan pariwisata di Lumajang dan menyebutnya sebagai pengelolaan yang jauh dari memenuhi keinginan masyarakat, dalam rangka meningkatkan PAD dari sektor ini.

Kata, Samsoel Huda, sebenarnya Lumajang memiliki potensi yang tidak kalah dengan Banyuwangi, namun faktanya PAD dari sektor ini kalah jauh dibandingkan dengan Banyuwangi.

“Coba lihat Pulau Merah Banyuwangi, sebenarnya sama saja dengan pantai yang ada di Lumajang. Bedanya disana dipromosikan dengan baik, kita dibiarkan begitu saja. Jangan tanya jumlah pengunjungnya, jauh sekali mas,” kata Samsoel Huda kemudian.

Disisi lain, Banyuwangi membangun link dan kerjasama dengan objek wisata lainnya diluar Banyuwangi, sehingga masuk dalam paket wisata nasional. Misalnya yang akan ke Bali kadang bisa saja mampir di Banyuwangi.

“Pada setiap hearing kami sudah sangat keras memperingatkan agar sektor pariwisata ini digenjot pengelolaannya. Tapi nyatanya tetap seperti ini. Padahal anggaran sudah disiapkan oleh pemerintah. Masak kalah dengan wisata yang dikelola swasta, kan lucu,” kata Samsoel Huda kemudian.

Samsoel juga mengatakan, pemerintah seharusnya mengevaluasi kinerja Dinas Budaya dan Pariwisata, agar kedepan menjadi lebih baik.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Lumajang Deny Rohman ketika dihubungi via ponselnya tidak diangkat, walaupun ada nada sambung.

Foto : Drs. H. Samsoel Huda M. Si – Wakil Ketua DPRD Lumajang

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah