Polisi Akan Tindak Tegas Anak-Anak Pengendara Motor Usia SMP

Polisi Akan Tindak Tegas Anak-Anak Pengendara Motor Usia SMP

Wartalumajang.com – Satlantas Polres Lumajang berjanji akan menindak tegas para pengendara motor yang masih belum cukup umur. Terutama anak-anak usia SMP yang belakangan ini marak naik motor, baik untuk pergi kesekolah maupun untuk keperluan lainnya.

Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Ridho Tri Putranto SH, ketika dihubungi media ini mengatakan, anak-anak usia SMP bisa jadi sudah memiliki kecakapan dalam mengendarai motor, namun secara emosional masih belum terkontrol.

“Cukup berbahaya mas, dan ini memerlukan perhatian orang tua agar melarang anak-anaknya naik motor, terutama yang masih usia-usia SMP, Jika orang tua tidak mengijinkan tentunya bisa mengurangi pengendara motor di usia anak-anak ini,” kata AKP Ridho Tri Putranto, Rabu (8/3).

Ridho juga menjelaskan, selama ini sebenarnya pihak polisi sudah melakukan berbagai usaha diantaranya dengan mendatangi sekolah yang bersangkutan, sampai mendeteksi lokasi parkir yang biasanya digunakan untuk menitipkan sepeda motornya, karena biasanya sekolah tidak mau siswanya membawa motor kesekolah.

“Sejumlah sekolah sudah membuat aturan sebenarnya agar siswanya tidak membawa motor, tapi anak-anak ini kadang-kadang tidak kekurangan akal dengan menitipkan motor mereka dirumah-rumah dekat sekolah. Dan selama kita ketahui, tempat-tempat penitipan itu juga akan kita datangi,” ujarnya kemudian.

Karenanya Kasat Lantas berharap kepada para orang tua untuk melarang putra-putrinya untuk mengendarai motor, karena pihaknya akan menindak tegas agar menimbulkan efek jera terhadap pelanggaran tersebut.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah