Puting Beliung Terjang Lumajang, 15 Rumah Rusak, Puluhan Pohon Tumbang

Puting Beliung Terjang Lumajang, 15 Rumah Rusak, Puluhan Pohon Tumbang

Wartalumajang.com – Hujan deras dan angin kencang yang melanda Lumajang Kota, Senin (7/11) sore mengakibatkan 15 rumah rusak, karena sebagian atap rumah diterbangkan angin. Tidak hanya rumah, puluhan pohon juga tumbang, sebagian diantaranya tumbang kejalan dan menyebabkan jalanan macet.

Informasi yang berhasil kami himpun dari Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menyebutan, hujan deras mulai turun sejak pukuk 14, dan mulai disertai angin pada pukul 14.30.

Begitu kencangnya angin sebagian atap rumah banyak yang terlepas, namun beruntung tidak menyebabkan korban jiwa. Hingga malam ini tercatat 15 rumah milik warga rusak, sebagian besar berada di Desa Grati Kecamatan Sumbersuko Lumajang.

Sedangkan dua titik lainnya terjadi dijalan Wachid Hasyim dan jalan raya Sumbersuko. Namun dampak terparah terjadi di Desa Grati kecamatan Sumbersuko Lumajang.

“Tadinya hanya hujan biasa pak, tiba-tiba disertai dengan angin yang sangat kencang. Pohon-pohon tumbang, atap rumah terbang dibawa angin. Terutama untuk atap dari seng dan asbes,” kata salah seorang warga Grati, Sumbersuko Lumajang.

Sementara pohon tumbang ada sebagian yang menimpa rumah warga, dan sebagian lagi tumbang kejalan yang menyebabkan kemacaten lalulintas.

Petugas dari BPBD dibantu TNI, Polri, dan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang mengambil langkah cepat dengan memotong dan memindahkan kayu yang tumbang ke jalan dan menimpa rumah warga.

Hingga berita ini kamu turunkan, belum diperoleh kepastian kerugian warga akibat angin putting beliung ini. Bupati Lumajang H. As’at Malik pada pukul 16.00 langsung datang kelokasi untuk melihat dampak dari puting beliung ini.