Temui Karyawan Dinas PU, Kasat Lantas Lumajang Bicara Lima Pilar Keselamatan Lalulintas

Temui Karyawan Dinas PU, Kasat Lantas Lumajang Bicara Lima Pilar Keselamatan Lalulintas

Wartalumajang.com – Bertempat dikantor Dinas PU dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Lumajang, hari ini Rabu (8/3), Satlantas Polres Lumajang melakukan sosialisasi keselamatan lalulintas. Acara ini merupakan bagian dari operasi Simpatik Semeru yang sekarang ini sedang digelar.

Kasat Lantas Polres Lumajang AKP. Ridho Tri Putranto SH, kepada media ini mengatakan, dalam kesempatan bertemu dengan karyawan-karyawati Dinas PUTR pihaknya memberikan penjelasan seputar keselamatan lalulintas.

Dalam operasi Simpatik kali ini, Satlantas Polres Lumajang disamping memberikan penyuluhan kepada masyarakat, juga mengadakan pertemuan dengan kelompok masyarakat, yang disebutnya sebagai masyarakat terorganisir.

Masyarakat teroganisir ada dilingkup pemerintahan, kantor swasta dan perusahaan swasta yang ada di Lumajang. Hari ini, selain mengunjungi kantor Dinas PUTR Lumajang, tim dari Satlantas Polres Lumajang juga mengadakan kunjungan ke salah satu perusahaan kayu di Kecamatan Klakah

Salah satu topik yang disosialisasikan dalam kesempatan ini adalah lima pilar keselamatan berlalulintas. Lima pilar ini terdiri dari Manajemen Keselamatan, Keselamatan Kendaraan, Tersedianya jalan yang baik, keselamatan pengguna jalan dan Penangan pasca terjadi kecelakaan lalulintas.

“Tugas kita sebagai polisi yakni penegakan aturan dari sisi pengguna jalan dan dari sisi kendaraan. Sedangkan pihak Pemkab bertanggungjawab atas tersedianya jalan yang baik,” kata Kasat Lantas Polres Lumajang AKP. Rido Putranto.

Dikatakan, seluruh aspek dalam lima pilar keselamatan ini saling mendukung dan tidak bisa dipisahkan. Demikian juga dari sisi tanggungjawab, polisi, pemerintah dan masyarakat sama-sama memiliki tanggungjawab masing-masing.

“Walaupun aturan lalulintas kita tegakkkan betul, belum tentu bisa menekan angka kecelakaan lalulintas jika jalannya rusak, apalagi pengguna jalannya tidak memenuhi ketentuan yang berlaku. Karena itu semuanya sama-sama memiliki tugas dan tanggungjawab masing-masing,” ujar Kasat Lantas AKP Ridho Tri Putranto, didampingi Kanit Ipda Laka Joko Triyono.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah