Pelosi Sebut Presiden Tiongkok Bertindak Seperti Pelaku Bully yang Ketakutan

[ad_1]

Washington: Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mengatakan, anggota Kongres tidak akan terintimidasi oleh reaksi Tiongkok terhadap kunjungannya ke Taiwan. Ia memambahkan, Presiden Tiongkok Xi Jinping bertindak seperti ‘bully (atau perundung) yang ketakutan’.
 
“Hanya karena Xi memiliki rasa tidak amannya sendiri, tidak berarti bahwa saya akan membuatnya melakukan jadwal saya untuk anggota Kongres,” kata Pelosi di acara NBC’s Today, seperti dikutip The Straits Times, Rabu 10 Agustus 2022.
 

Dalam penampilan terpisah di program Morning Joe MSNBC, Pelosi mengatakan Beijing tidak dapat mengontrol jadwal anggota Kongres. “Kami tidak akan menjadi kaki tangan isolasi Taiwan,” ujarnya.
 
“Saya pikir dia berada di tempat yang rapuh. Dia bertingkah seperti pelaku bully yang ketakutan,” sambung Pelosi.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kunjungan Pelosi di Taiwan minggu lalu saat berada di kawasan Asia-Pasifik mendapat tanggapan keras dari Tiongkok. Negeri Tirai Bambu melakukan latihan militer yang dirancang untuk menunjukkan kemampuannya untuk mengepung pulau dan meluncurkan rudal yang kemungkinan terbang di atas Taipei dan ke perairan yang diklaim Jepang sebagai zona ekonomi eksklusif.
 
Pelosi mengatakan perjalanannya dimaksudkan untuk memperkuat fokus Presiden Joe Biden di wilayah tersebut, meskipun Gedung Putih telah berulang kali mengatakan keputusan untuk pergi adalah keputusan ketua DPR saja.
 
Sementara itu, Biden mengatakan, ia yakin jika Tiongkok tidak akan melakukan aksi yang lebih lanjut lagi daripada yang terjadi saat ini. Ia berharap eskalasi tidak terus meningkat di kawasan tersebut.
 

(FJR)

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *